3 Tanda Kamu Harus Segera Menemui Dokter Kulit 

kapan harus cek ke dokter kulit

Kini pengetahuan dan informasi mengenai kecantikan kulit sudah lebih mudah didapatkan. Jadi, ketika kamu menghadapi masalah kulit seperti jerawat, komedo, kemerahan dan lain-lain, kamu tak perlu repot-repot cari dokter estetika terbaik di Indonesia. Cukup googling dan cari informasi bagaimana cara ampuh untuk mengatasinya. Ditambah lagi, sudah banyak skincare-skincare mujarab yang bisa mengatasi masalah kulitmu. Namun, tak semua masalah kulit bisa diatasi hanya dengan skincare semata. Ada beberapa masalah kulit yang tidak bisa kamu tangani sendiri sehingga kamu perlu pergi ke klinik kecantikan dan konsultasi dengan dokter kulit. Nah, kapan saatnya kamu harus pergi ke klinik kecantikan? Ini dia tanda-tandanya!

  • Kulit kering, gatal, dan iritasi dan skincare sudah tak ampuh lagi. Mungkin kamu tidak pernah lupa melakukan perawatan untuk kulit keringmu. Namun, ternyata usaha tersebut tak kunjung menuai hasil. Kulit tetap terasa kering, gatal, bahkan menimbulkan ruam. Jika sudah begini, sebaiknya bikin janji dengan dokter kulitmu. Gejala tersebut bisa merupakan penyakit kulit kronis yang dinamakan eksim. Untuk hal ini, kamu memerlukan saran dokter agar tidak salah menanganinya. Tak perlu khawatir, biasanya dokter hanya akan memberikan resep obat kulit atau terapi ringan jika eksim belum terlalu parah.
  • Timbul tahi lalat yang mencurigakan. Apa akhir-akhir ini kamu pernah memerhatikan tahi lalat di sekitar wajah atau tubuh? Memang tahi lalat, bintik hitam, atau tanda lahir terkadang tidak membahayakan. Namun jika kamu merasa tahi lalatmu mengganggu seperti: gatal, bertambah besar, memiliki bentuk yang aneh, atau bahkan sering menimbulkan luka, kamu perlu waspada karena hal tersebut bisa merupakan tanda-tanda kanker kulit. Oleh karena itu, segeralah periksakan ke dokter kulit jika ada tahi lalat yang mencurigakan di tubuhmu.
  • Kulit selalu mengalami kemerahan. Kulit putih merona atau kemerah-merahan mungkin menjadi salah satu beauty standard di Indonesia. Akan tetapi, ketika kemerahan disebabkan oleh iritasi, kamu harus cepat-cepat mengatasinya, dong? Terkadang timbulnya kemerahan di wajah, radang, benjolan merah, merupakan gejala dari rosacea atau penyakit kulit yang umum terjadi. Jadi, sebaiknya segera konsulitasikan ke dokter kulit ya!

Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply