5 Makanan Lezat yang Dapat Mengendalikan Kadar Gula Darah

makanan kontrol gula darah

Baru cek kadar gula darah dan ternyata hasilnya tinggi? Jangan panik dulu, mungkin akhir-akhir ini gaya hidup Anda kurang sehat. Coba ingat-ingat kapan terakhir Anda berolahraga, lalu apakah makanan yang Anda konsumsi belakangan ini adalah makanan sehat? Tentunya makanan sehat sungguhan ya, sebab ada beberapa makanan sehat yang patut diwaspadai penderita diabetes karena kandungan gulanya yang tinggi.

Gaya hidup menjadi faktor penting yang memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Untuk itu, Anda perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan memulai kebiasaan untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat.  Kini makanan sehat banyak yang bisa diolah menjadi makanan lezat. Jadi, Anda tetap bisa mengendalikan kadar gula darah dan tetap makan makanan enak. Nah, apa sajakah makanan lezat yang dapat membantu kadar gula darah Anda jadi normal kembali? Simak daftarnya di bawah ini!

  • Alpukat

Lemak yang terkandung dalam buah ini merupakan lemak yang bermanfaat untuk tubuh. Lemak ini berbeda dengan lemak jahat dan memilki nama mononsaturated fatty acids (MUFA). Dengan kandungan ini, alpukat dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga kadar gula darah dapat diolah dengan lebih optimal.

  • Cokelat

Tahukah Anda, ternyata makanan yang satu ini juga dapat menurunkan gula darah yang tinggi, lho. Namun jangan salah kaprah dulu, cokelat yang dimaksud adalah kakao asli yang belum diolah menjadi cokelat manis. Kakao ini mengandung antioksidan yang tinggi dan flavanol yang bernama epicatechin. Kandungan ini mampu mengatur produksi glukosa, sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah.

  • Ikan salmon

Meski harganya tak bisa dibilang murah, ikan salmon memiliki rasa yang enak. Ikan salmon juga sering dijadikan bahan dasar masakan jepang, seperti sushi dan sashimi. Bagi Anda yang ingin menyeimbangkan kadar gula darah, tak ada salahnya untuk sering mengonsumsi ikan ini. Ikan salmon mengadung omega 3 yang baik untuk menurunkan gula darah berlebih dalam tubuh. Selain ikan salmon, ikan lain seperti ikan tuna, ikan kembung, dan ikan halibut juga kaya akan omega 3.

  • Bayam

Selain makanan di atas, bayam juga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes atau Anda yang memiliki kadar gula darah tinggi. Pasalnya, sayur-sayuran seperti bayam, selada dan lobak kaya akan kandungan serat dan vitamin A. Kandungan ini dapat menurunkan gula darah Anda yang tinggi kadarnya. Bahkan menurut hellosehat risiko diabetes tipe 2 dapat dicegah sebesar 14% jika mengonsumsi satu piring sayur setiap hari.

Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply