5 Penyebab Umum yang Dapat Merusak Sistem Selang Hidrolik

Selang hidrolik merupakan komponen yang sangat penting dalam berbagai bidang industri, khususnya pertambangan. Mengingat fungsinya yang sangat penting, maka para pelaku industri harus bekerjasama dengan penyedia Hose Fitting Hydraulic Indonesia yang terpercaya. Selang hidrolik berfungsi untuk menghantarkan cairan hidrolik sesuai dengan tekanan yang diinginkan. Karena selang ini menghubungkan dua bagian yang bergerak dalam sistem hidrolik, maka selang hidrolik dituntut untuk memiliki sifat yang lentur dan fleksibel serta dapat menahan tekanan dan getaran dalam tingkatan tinggi sekalipun. Namun, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kegagalan atau kerusakan pada selang hidrolik. Berikut inilah penyebab kerusakan yang paling umum terjadi:

  • Cairan yang tidak sesuai

Sebelum mengoperasikan selang hidrolik, penting sekali untuk memastikan apakah selang sudah sesuai dengan lingkungan di mana ia akan dioperasikan. Sebab kontaminasi sistem dan kebocoran ekstrenal dapat terjadi akibat masalah kompatibilitas cairan. Cairan yang tidak sesuai akan menyebabkan tabung bagian dalam dapat rusak, membengkak, dan mengelupas.

  • Erosi pipa

Aliran cairan dengan kecepatan tinggi yang terkonsetrasi lama kelamaan dapat menyebabkan erosi bagian dalam pipa pada selang hidrolik. Jika terus terjadi, erosi pipa bagian dalam ini lama kelamaan juga dapat menyebabkan kebocoran eksternal.

  • Melebihi radius bengkok minimum

Selang hidrolik dapat cepat rusak jika dibengkokan melebihi radius minimum. Hal ini dapat menyebabkan bagian luar tabung dan penutup sobek. Sementara bagian dalamnya bisa bengkok, sehingga dapat mengganggu aliran. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menetukan dan memeriksa kembali radius bengkok minimum agar lebih sesuai.

  • Udara kering

Pada selang bagian dalam biasanya dapat timbul retakan-retakan kecil yang disebabkan oleh udara yang sudah lama atau udara kering. Biasanya kerusakan ini sulit dideteksi, tetapi terkadang dapat ditandai dengan adanya kebocoran eksternal.

  • Rakitan yang tidak sesuai

Kesalahan saat merakit selang hidrolik juga dapat memicu masalah saat operasi. Saat memotong selang, kemungkinan ada partikel logam dan serpihan yang dapat mengendap di di dalamnya jika tidak dibilas dengan benar. Puing yang tertinggal di dalam selang ini bersifat abrasif dan dapat mencemari sistem hidrolik dan juga dapat menimbulkan patahan kecil pada tabung bagian dalam, sehingga dapat memicu kebocoran.

Meskipun ada banyak faktor yang dapat memicu kegagalan dalam operasi selang hidrolik, bisa dilakukan pencegahan dan tindakan yang tepat untuk menghindarinya. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih penyedia hose fitting hydraulic yang terbaik.

Leave a Reply