5 Tips Meningkatkan Fokus Saat Bekerja di Kantor

meningkatkan fokus saat bekerja

Bagi kamu para pekerja freelancer yang lebih sering menghabiskan waktu di co-working space mungkin akan lebih mudah mengatur dan menjaga fokus saat bekerja. Tak hanya itu, kamu pun bisa memperluas network dengan cara bersosialisasi di co-working space. Namun, beda halnya dengan para pekerja serviced office Jakarta Pusat. Dibandingkan dengan co-working space, biasanya desain interior serviced office lebih monoton atau flat. Sedangkan, desain interior dapat memengaruhi performa karyawan. Anda yang bekerja di kantor dengan desain interior yang kurang menarik mungkin akan lebih cepat merasa bosan dan kehilangan fokus. Benar, kan? Nah, maka dari itu, kali ini kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan fokus saat bekerja meski sedang bosan atau banyak distraksi di kantor.

  • Buat agenda harian

Tentu Anda akan lebih bersemangat mengerjakan suatu hal yang memiliki tujuan bukan? Begitu juga dengan bekerja. Dengan menuliskan target harian, maka Anda akan lebih terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan. Catatlah apa saja pekerjaan yang harus Anda selesaikan dalam beberapa waktu dan berusahalah untuk memenuhi target tersebut.

  • Jangan lupa konsumsi air putih

Bukan hanya mencegah dehidrasi, minum air putih juga dapat membuat otak lebih fokus. Menurut salah satu penelitian oleh University of East London, segelas air putih dapat membuat sel abu-abu pada otak mengerut. Sel abu-abu merupakan sel yang dapat menghambat otak saat bekerja. Oleh sebab itu, jangan lupa konsumsi air putih. Kamu bisa memasang aplikasi pengingat minum air putih di ponselmu agar selalu ingat untuk minum.

  • Miliki prioritas

Prioritas merupakan hal penting dalam kehidupan, termasuk dalam bekerja. Tak jarang ada banyak hal yang mendistraksi saat bekerja. Misalnya seperti teman kerja yang mengajak bercanda atau meminta bantuan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Sebenarnya tidak apa-apa untuk melakukan hal tersebut, tetapi pastikan Anda mengutamakan tugas utama Anda terlebih dahulu.

  • Singkirkan smartphone

Jika pekerjaan Anda tidak melibatkan smartphone, tetapi Anda kecanduan dan selalu mengeceknya ketika kerja, berarti smartphone merupakan salah satu penyebab hilangnya fokus yang perlu dihindari. Karena itu, coba singkirkan smartphone sejenak dari jangkauan Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus pada pekerjaan Anda.

  • Meditasi

Namun, jangan sepenuhnya menyalahkan smartphone. Anda sebenarnya tidak akan terdistraksi oleh apa pun saat bekerja jika memiliki manajemen fokus yang baik. Salah satu memperbaiki fokus adalah dengan melakukan meditasi. Dengan melakukan meditasi, Anda pun juga dapat menurunkan stres, melepas amarah, dan lebih aware terhadap lingkungan sekitar.

Semoga membantu dan selamat bekerja! (Rima)

Leave a Reply