5 Tips Mudik Aman dengan Motor

mudik dengan motor

Indonesia memiliki tradisi mudik yang unik menjelang lebaran yang pasti dilakukan setiap tahun. Yang menarik, meskipun jarak tempuh yang dilalui bisa sampai ratusan kilometer, tetap ada banyak masyarakat yang memilih untuk mudik dengan menggunakan motor. Mengingat jarak tempuh yang jauh dan banyaknya barang bawaan saat mudik, risiko kecelakaan lalu lintas ketika mudik dengan motor tentunya cukup tinggi. Ditambah lagi, tidak semua pemudik melindungi dirinya dengan asuransi mudik. Namun, bagi Anda yang tidak punya pilihan selain mudik dengan menggunakan kendaraan roda dua ini, jangan khawatir. Ada tips-tips yang bisa membuat mudik tetap aman meski menggunakan motor sekalipun.

  • Pastikan kondisi motor

Sebelum berangkat mudik, pastikan dulu kondisi motor Anda dalam keadaan prima. Penting juga untuk melakukan servis besar. Mulai dari mengganti oli mesin, memastikan oli rem, mengecek timing belt, memeriksa ban, hingga memeriksa lampu-lampu motor sangat diperlukan sebelumĀ  tiba saatnya mudik.

  • Jangan bawa barang berlebih

Salah satu kelemahan mudik adalah tidak bisa membawa banyak barang. Namun, beberapa orang terkadang masih saja memaksakannya. Padahal, kebanyakan bawaan atau overload dapat membahayakan diri sendiri. Jika boncengan pun, seharusnya hanya membonceng satu orang, tidak lebih.

  • Siapkan kondisi fisik

Bukan hanya kendaraan saja, kondisi fisik Anda pun harus prima sebelum berangkat. Pastikan Anda telah istirahat dan cukup tidur minimal 8 jam. Jangan terlalu memaksakan diri jika kondisi kesehatan memang tidak memungkinkan. Apalagi biasanya mudik dilakukan saat masih bulan puasa. Pastikan Anda mengonsumsi sahur atau berbuka dengan nutrisi yang cukup agar tubuh tetap segar saat berangkat mudik.

  • Berangkat waktu subuh

Pasalnya, waktu subuh merupakan waktu di mana kondisi tubuh sedang bugar-bugarnya (jika telah mendapatkan tidur yang cukup). Karena itu, lebih baik berangkat subuh. Lagipula, udara di waktu subuh pun masih segar.

  • Patuhi aturan lalu lintas dan menepi setiap dua jam

Ketika di perjalanan, yang terpenting selain berdoa adalah mematuhi peraturan lalu lintas. Pastikan juga Anda sudah memakai pakaian dan menggunakan aksesoris keamanan yang lengkap saat berkendara. Kemudian, jangan lupa untuk menepi setiap dua jam untuk menjaga stamina.

Drive safely! (Rima)

Leave a Reply