Amankah Menggunakan Pintu Kaca di Rumah? 

pintu kaca untuk rumah

Saat ini banyak orang yang suka menggunakan pintu dengan material kaca. Apalagi jika rumahnya menggunakan model pintu sliding. Kaca dianggap menjadi material yang paling tepat untuk membuat rumah tampak semakin menarik.

Pertanyaannya, apakah pemilihan kaca sebagai material utama pintu adalah hal yang aman untuk dilakukan?

Sebenarnya, menggunakan pintu dengan material kaca adalah hal yang aman dilakukan. Asalkan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Lokasi tempat tinggal

Pastikan Anda berada di lokasi yang aman sebelum memutuskan untuk menggunakan pintu kaca pada bagian pintu utama rumah. Misalnya untuk Anda yang tinggal di area cluster dengan pengamanan yang sangat ketat. Jika Anda tinggal di area perumahan biasa, apalagi lokasi dengan tingkat kriminalitas cukup tinggi, penggunaan pintu kaca hanya akan memancing penjahat datang ke rumah Anda. Jadi, sebaiknya hindari penggunaannya jika lokasi tempat tinggal Anda seperti ini.

  • Lokasi pemasangan pintu kaca

Namun, jika Anda tetap ingin menggunakan pintu kaca, Anda bisa memasangnya pada ruangan yang tidak bersisian langsung dengan area luar rumah. Misalnya, rumah Anda memiliki taman kecil yang berada di dalam rumah maka Anda bisa menggunakan pintu kaca untuk menuju ke taman tersebut.

  • Jenis material kaca

Tentu saja Anda harus sangat memilih material kaca yang digunakan. Pastikan untuk menggunakan material kaca yang cukup tebal sehingga tidak akan mudah pecah jika terbentur oleh sesuatu. Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati jika berkaitan dengan benda tajam. Sebab, kaca tebal sekalipun bisa dengan mudah retak jika terkena benda tajam.

  • Memberikan keamanan tambahan

Anda bisa memberikan berbagai keamanan tambahan seperti memasang alarm, cctv, dan sebagainya untuk memberikan keamanan maksimal pada rumah Anda.

Menggunakan pintu kaca biasanya juga dipilih karena ingin mendapatkan cahaya alami dari matahari di luar rumah. Dengan begitu, kita jadi bisa menghemat listrik karena tidak perlu menggunakan lampu untuk beberapa ruangan tertentu. Keinginan tersebut cukup baik dan memang disarankan. Namun, jika kondisinya tidak memungkinkan, ada baiknya jika Anda berpikir ulang demi keamanan Anda dan penghuni rumah lainnya. (Vita)

Leave a Reply