Flek Hitam? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Setiap orang pasti menginginkan wajah yang mulus tanpa jerawat maupun bintik hitam sekecil apapun. Salah satu masalah kulit wajah yang sering menjadi keluhan banyak orang adalah flek-flek hitam yang tersebar di bagian sekitar wajah. Tidak heran jika banyak orang yang rela melakukan perawatan untuk menghilangkan flek demi mendapatkan kulit wajah yang bersih dan bebar dari kompleksi warna yang tidak merata.

Dikutip dari alodokter, flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik datar pada kulit wajah yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. flek hitam dapat juga muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, atau leher. Bintik-bintik ini cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit putih. Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi di segala usia dan biasanya tidak membahayakan atau menimbulkan rasa sakit. Flek yang muncul di permukaan kulit kita biasanya terjadi karena meningkatnya produksi melanin, apalagi jika setelah terpapar oleh sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV) dan frekuensinya relatif sering. Melanin merupakan pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata dan rambut. Bagian kulit yang memiliki banyak melanin akan terlihat lebih gelap dibanding sekitarnya, sehingga muncul bintik-bintik hitam yang biasa kita sebut sebagai flek.

Namun untuk kamu yang ingin menghilangkan noda membandel di wajah ini tanpa harus mengeluarkan uang banyak, ada cara alaminya juga lho. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

  1. Jus lemon

Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan lemon.

  • Ambil sedikit jus lemon dengan menggunakan kapas dan gosokkan pada area kulit wajah kamu yang terdapat flek hitam.
  • Biarkan sampai mengering, lalu cuci bersih dengan air bersih.
  • Lanjutkan cara menghilangkan flek hitam ini selama dua minggu agar kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Jika kamu memiliki jenis kulit yang peka atau sensitif, kamu bisa menambahkan sedikit air pada jus lemon untuk mengurangi keasamannya. Boleh juga menambahkan air mawar, atau madu.
  1. Kentang

Zat tepung yang ada dalam kentang mampu untuk membantu mengurangi pigmentasi, sementara enzim di dalamnya membantu untuk menyehatkan kulit. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan kentang.

  • Kupas dan parut kentang.
  • Campurkan 1 sendok teh madu pada parutan kentang.
  • Oleskan masker di wajah kamu dan biarkan hingga kering selama 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Berikut adalah cara lain yang dapat kamu lakukan dengan kentang ini untuk menjadi bahan perawatan wajah untuk menghilangkan flek-flek yang membandel.

  • Ambil 1 buah kentang, blender dan ambil sarinya.
  • Tambahkan sedikit air perasan lemon dan sedikit bubuk kunyit.
  • Oleskan campuran ini pada flek hitam pada wajah kamu.
  • Biarkan sampai mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply