Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan untuk Orangtua

asuransi untuk orangtua

Banyak orang membeli asuransi kesehatan keluarga dan memerlukan asuransi kesehatan untuk keluarga ini dengan tujuan untuk melindungi kesehatan diri sendiri, pasangan, dan anak. Namun, sudahkah orangtua Anda terproteksi kesehatannya? Kalau belum, maka Anda harus mempertimbangkan untuk membelikan asuransi kesehatan untuk orangtua Anda yang sudah lanjut usia. Mungkin yang tadinya orangtua Anda mengandalkan asuransi kesehatan dari kantor, setelah pensiun, mereka tidak memiliki proteksi kesehatan apa pun.

Dalam kasus seperti ini, tentu tak ada salahnya jika Anda ikut turun tangan dan membelikan orangtua sebuah produk asuransi kesehatan yang terbaik. Namun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membelikan orangtua asuransi kesehatan. Apa sajakah itu? Yuk, simak di bawah ini!

  • Perhatikan usia maksimal yang ditanggung asuransi kesehatan

Setiap asuransi kesehatan tentunya memiliki batas usia maksimal bagi para calon nasabah. Pada umumnya, asuransi kesehatan memberikan pertanggungan pada usia 55-59 tahun. Namun ada juga perusahaan asuransi yang menyediakan produk khusus untuk lansia dan menjamin hingga usia 70-an. Jadi, pastikan orangtua Anda masih berada di rentang usia yang dapat ditanggung oleh asuransi kesehatan, ya.

  • Jangan ragu bernegosiasi

Jika ada manfaat asuransi yang kurang sesuai dengan kebutuhan kesehatan orangtua Anda, jangan ragu untuk membicarakannya dengan pihak asuransi. Beberapa pihak asuransi pun terbuka terhadap negosiasi untuk merancang perlindungan kesehatan yang terbaik untuk nasabahnya.

  • Masa tunggu dan kondisi penyakit yang ada sebelumnya

Bagaimana jika orangtua Anda sudah memiliki penyakit kronis sebelum mengikuti asuransi? Pada umumnya asuransi kesehatan tetap bisa menjamin penyakit yang sudah ada sebelumnya (pre-existing desease). Meskipun biasanya biaya premi jadi lebih mahal, jangan khawatir, Anda bisa menegosiasikan masalah ini dengan perusahaan asuransi.

  • Pastikan penyakit kritis dijamin

Tak lupa juga, pastikan produk asuransi kesehatan yang Anda pilih sudah menjamin penyakit kritis. Jika belum, maka Anda bisa melakukan penambahan jaminan penyakit kritis secara terpisah (rider).

Itu dia beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih asuransi kesehatan untuk orangtua. Ingatlah, semua ini merupakan bentuk kasih sayang yang bisa Anda berikan kepada orangtua. (Rima)

Leave a Reply