Hati-Hati, Gigi Berkawat Mudah Menjadi Kuning

Gigi Berkawat Mudah Menjadi Kuning

Apakah Anda yakin mau pasang kawat gigi, meskipun harga kawat gigi dan perawatan tergolong mahal? Sebelumnya, Anda harus tahu risiko apa saja yang bisa saja terjadi jika Anda memasang kawat gigi atau yang sering disebut behel.

Banyak sekali yang sudah membuat review kurang menyenangkan. Yang paling sering diutarakan adalah rasa nyeri yang luar biasa. Pasalnya, cara kerja kawat gigi ini adalah menekan. Sehingga gigi berada ke posisi yang diinginkan dan rata. Oleh karena itu, Anda mesti tahu tentang bagian penting dari kawat gigi yang nantinya dipasang pada gigi Anda.

Rasa nyeri tersebut bisa berkurang jika Anda memilih kawat gigi yang tepat. Sebaiknya, Anda konsultasikan dengan dokter gigi Anda agar dokter memberikan rekomendasi. Namun, bukan rasa nyeri saja yang menjadi risiko ketika Anda pasang kawat gigi. Selain itu, ada potensi gigi Anda menjadi kuning.

Jangan sepelekan hal ini. Gigi yang sudah terlanjur kuning tidak mudah untuk diputihkan kembali. Maka dari itu, jika Anda ingin pasang kawat gigi, sebaiknya Anda ketahui juga bagaimana agar gigi Anda tidak kuning.

Mencegah Gigi Kuning Selama Pakai Kawat Gigi

Mencegah Gigi Kuning Selama Pakai Kawat Gigi

Apakah orang yang memasang kawat gigi harus tetap sikat gigi? Tentu saja harus. Hanya saja, sikat yang Anda gunakan tidak bisa menjangkau seluruh bagian gigi. Terutama bagian gigi yang tertutup dengan kawat. Bagian itulah yang sangat mudah menjadi kuning.

Oleh sebab itu, ada hal yang perlu Anda lakukan untuk mencegah gigi menguning. Apa saja itu?

  1. Menggunakan Dental Floss

Apakah Anda tahu dental floss? Ini benang yang digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi. Benang ini pula yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian gigi yang tertutup oleh kawat gigi.

Sebenarnya, dental floss ini sangat disarankan untuk digunakan. Tidak hanya mereka yang pasang kawat gigi, melainkan semuanya. Hanya saja, sangat sedikit yang sadar pentingnya membersihkan gigi dengan alat ini.

Padahal mereka tahu ada sisi makanan yang masih ada di antara sela-sela gigi. Dan sisa makanan tersebut tidak akan bisa dibersihkan dengan hanya menggunakan sikat gigi.

  1. Berkumur dengan Obat Kumur

Jika selama ini Anda tidak pernah berkumur dengan kumur, biasakan untuk berkumur dengan obat kumur ini. ketika Anda mulai pasang kawat gigi, berkumurlah dengan obat kumur setiap kali selesai sikat gigi.

Obat kumur mengandung mouthwash yang mampu menjangkau sela-sela gigi dan juga bagian yang tertutupi oleh kawat. Kandungan tersebut akan mencegah sisi makanan menetap di sana yang bisa menyebabkan gigi kuning.

  1. Pilih Sikat Gigi yang Tepat

Khusus untuk mereka yang pasang behel, disarankan untuk membersihkan gigi dengan sikat gigi yang paling lembut dan bulunya paling kecil. Karena sikat tersebut lebih mampu membersihkan sela-sela kecil.

Nah, sekarang sudah siap untuk pasang kawat gigi?

Perawatan dari Dokter Gigi Diperlukan

Perawatan ke Dokter Gigi Jika diperlukan

Hal-hal yang dijelaskan sebelumnya merupakan perawatan gigi berkawat yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, sebaiknya Anda juga rutin datang ke dokter gigi. Perawatan langsung dari dokter gigi akan membuat proses merapikan gigi dengan behel semakin cepat. Dokter bisa membuat posisi kawat gigi lebih baik sehingga proses merapikan gigi bisa lebih cepat dari yang diprediksi.

Selain harga kawat gigi, biaya konsultasi inilah yang biasanya mahal. Bisa saja kawat gigi yang Anda pilih itu yang paling murah. Namun, Anda juga perlu menghitung berapa kali konsultasi dengan dokter gigi, bukan?

Jika Anda ingin lebih menghemat biaya, Anda bisa memilih untuk menggunakan produk kawat gigi (clear aligner) dari RATA.id.  Ini produk yang fungsinya sama dengan kawat gigi. Hanya saja, bahannya terbuat dari plastik.

Jangan menganggap sepele. Sudah banyak sekali orang yang menggunakan produk kawat gigi dari RATA.id (clear aligner) ini. Jangan khawati harga kawat gigi yang mahal, untuk produk ini lebih terjangkau ko dan juga lebih cepat dan efektif merapikan gigi. Dengan teknologi AI atau Artificial Intelligence, dokter bisa menganalisa apa yang harus dilakukan agar gigi Anda rapih lebih cepat.

Jadi, apakah Anda akan coba clear aligner dari RATA.id atau tetap mau pasang kawat gigi?

Leave a Reply