Hindari Melakukan Ini Saat ke Pulau Komodo

pulau komodo

Meskipun komodo terkenal sebagai hewan buas, tetapi paket liburan ke Komodo tidak pernah sepi oleh peminat. Tidak hanya pada masa liburan saja, banyak juga yang memilih liburan ke Pulau Komodo di hari biasa supaya tidak terlalu penuh oleh wisatawan. Jadi, mereka bisa dengan nyaman menikmati suasana pulau tersebut sepuasnya.

Namun, mengingat pulau ini dihuni oleh hewan buas, tentu saja ada banyak aturan yang harus Anda taati selama berada di sini. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Perempuan yang sedang haid sebaiknya tidak berwisata ke pulau ini. Sebab, komodo mengandalkan penciumannya saat mencari mangsa. Dan aroma darah pada wanita yang sedang haid akan memancing hewan ini mendekati Anda. Padahal meskipun berukuran besar dan terlihat lambat, tetapi hewan ini mampu berlari dengan sangat cepat. Apalagi jika sedang mengejar mangsanya.
  • Jangan membuat gerakan yang memancing hewan buas ini mendekati Anda. Misalnya membuat keributan, berlari, berteriak. Selain itu, hewan ini juga bisa terpancing jika ada bagian dari Anda yang bergerak terus menerus, misalnya kibaran dari pakaian Anda, tas yang terus bergoyang, atau Anda dengan sengaja menggoyangkan botol minum.
  • Dilarang memberikan makanan pada hewan ini. Sebab hewan ini berada di bawah pengawasan badan konservasi dan merekalah yang akan bertanggung jawab atas hewan ini, termasuk untuk urusan makanannya. Ketika Anda memberikan hewan ini makan, Anda bisa merusak kebiasaan dari hewan ini.
  • Dilarang merusak alam saat berwisata. Beberapa waktu lalu tempat wisata ini sempat dihebohkan karena peristiwa kebakaran yang terjadi di salah satu areanya. Hal ini tentu saja sangat disayangkan, karena Pulau Komodo yang merupakan konservasi alam yang harusnya dilindungi tetapi justru dirusak. Selain dari masalah kebakaran, rusaknya alam juga bisa terjadi akibat tidak terjaganya kebersihan karena sampah dari para wisatawan. Itulah sebabnya, kesadaran wisatawan untuk menjaga alam ini sangat diperlukan.

Selain dari beberapa hal di atas, tentu saja yang terpenting adalah dilarang memancing kemarahan komodo. Misalnya dengan mengganggu mereka, merusak sarangnya, dan sebagainya. Semoga dengan menghindari semua hal tersebut, kamubisa berwisata dengan aman dan nyaman di pulau ini ya! (Vita)

Leave a Reply