Ini Alasan Mengapa Anda Harus Kuras Oli Transmisi Secara Rutin

kuras oli

Bagi pengendara mobil ataupun motor matik, selain ganti oli mesin, ada juga oli lain yang harus dilakukan penggantian secara rutin, yaitu oli transmisi. Oli ini merupakan oli khusus yang hanya ada pada kendaraan matic dan berfungsi untuk melumasi seluruh komponen transmisi pada kendaraan. Selain itu, oli transmisi juga berfungsi sebagai pendingin mesin karena mesin kendaraan matic umumnya lebih mudah panas dibandingkan dengan mesin dengan transmisi manual. Jika oli ini tidak dilakukan penggantian secara berkala, maka akan berdampak serius pada mesin.

Namun, tahukah Anda bahwa mengganti oli transmisi ternyata tidak bisa dilakukan secara sembarangan? Berbeda dengan oli mesin yang bisa diganti sendiri di rumah, untuk oli transmisi, Anda harus membawa kendaraan ke bengkel. Tidak hanya itu, bengkel yang Anda tuju juga harus memiliki alat khusus untuk menguras oli transmisi.

Yap, proses penggantian oli transmisi memang harus dilakukan dengan cara dikuras menggunakan alat khusus karena pada oli transmisi banyak area di mana oli akan tetap berada di sana sehingga tidak mengalir keluar 100% meskipun tutup tangki sudah dibuka secara penuh. Misalnya kapasitas oli transmisi Anda 6 liter, maka bisa saja hanya 4 liter atau lebih yang keluar. Padahal sisa-sisa oli transmisi lama juga harus dibersihkan. Sementara pada kuras oli, semua sisa oli transmisi yang ada akan benar-benar keluar dan kemudian tangki kembali menjadi bersih. Itulah alasannya, mengapa pengurasan oli transmisi ini harus dilakukan.

Namun, bukan berarti Anda hanya mengandalkan kuras oli saja untuk mengganti oli transmisi. Sebab melakukan ganti oli transmisi secara biasa tanpa melakukan pengurasan juga penting untuk dilakukan. Anda bisa melihat waktu penggantiaannya melalui jarak tempuh. Biasanya oli transmisi harus diganti setiap 20.000 km sekali dan harus dikuras ketika mencapai 40.000 km. Namun, untuk Anda yang sering melalui jalanan dengan medan berat, seperti jalan menanjak, kemacetan yang cukup parah, dan sejenisnya, diharapkan untuk melakukan ganti oli dan juga kuras oli lebih cepat meskipun belum mencapai jarak tempuh tersebut. (Vita)

Leave a Reply