Jangan Panik, Segera Lakukan 5 Langkah Ini Saat Rem Blong

Sudah bukan rahasia lagi jika rem blong merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan. Untuk itu, penting sekali untuk mengecek kondisi rem mobil dan melindungi diri dari risiko kecelakaan dengan asuransi mobil terbaik. Namun demikian, tetap saja ada kemungkinan disfungsi rem, bahkan meski sudah mengecek kondisi mobil dan berhati-hati saat berkendara. Oleh sebab itu, setiap pengendara sebaiknya mengetahui cara antisipasi jika sewaktu-waktu rem mobil blong untuk mengurangi risiko kecelakaan. Nah, berikut inilah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti. (source: nissan.co.id)

  • Mengurangi kecepatan secara bertahap

Biasanya Anda panik saat rem blong, tapi usahakan untuk tetap tenang dan menurunkan kecepatan secara bertahap. Turunkan gigi mobil dari tinggi ke rendah. Meski kemungkinan RPM akan sangat tinggi ketika gigi diturunkan, tetaplah coba untuk menurunkan gigi. Teknik ini disebut sebagai teknik pengereman mesin.

  • Imbangi dengan rem tangan

Mengapa tidak coba manfaatkan rem tangan. Rem tangan sangat efektif untuk menurunkan kecepatan. Namun jangan menggunakan rem tangan secara langsung. Alih-alih mengurangi kecepatan, ban mobil bisa terkunci dan mengakibatkan mobil terbalik. Untuk itu, pastikan Anda sudah menurunkan gigi sebelum menggunakan rem tangan.

  • Guncangkan pedal rem

Jika kecepatan masih tinggi, coba guncangkan pedal rem. Sebab biasanya rem blong dikarenakan masalah pada sistem rem. Biasanya dengan mengguncangkan rem fungsi rem bisa kembali.

  • Hindari mematikan mesin

Ketika rem blong, sangat tidak disarankan untuk mematikan mesin. Hal ini hanya akan membuat Anda sulit untuk mengendalikan laju kendaraan. Terlebih lagi jika mobil Anda dilengkapi dengan power steering.

  • Menepi atau benturkan mobil

Daripada mematikan mesin mobil, sebaiknya lihat kondisi kanan dan kiri jalan. Jika aman, menepilah ke salah satu sisi hingga mobil berhenti. Pastikan lampu hazard Anda nyalakan. Namun, jika kecepatan mobil tetap tidak bisa turun dalam waktu dekat, lebih baik benturkan pada sesuatu yang cukup aman. Misalnya seperti pasir atau lumpur. Hal ini lebih baik daripada Anda harus menabarak kendaraan lain.

Itulah beberapa langkah yang bisa diusahakan ketika rem mobil Anda blong. Semoga Anda tidak pernah perlu melakukannya! Selalu cek kondisi mobil dan tetap waspada saat berkendara! (Rima)

Leave a Reply