Kepedulian Sukanto Tanoto dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan Transmigrasi

Peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi salah satu perhatian dari korporasi Royal Golden Eagle dibawah pimpinan Sukanto Tanoto. Hal ini merupakan salah satu kebijakan dari Sukanto Tanoto yang dikenal memiliki kepedulian dalam berbagai aspek kehidupan baik yang bersentuhan langsung dengan perusahaan ataupun tidak.

Peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan Transmigrasi
Sumber : rgei.com

Upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dilakukan oleh Bapak Tanoto bersama dengan RGE dijalankan melalui berbagai cara yang sesuai dengan kondisi yang ada. Saat ini, upaya tersebut dilakukan melalui: 

  • Dunia pendidikan
Kepedulian di bidang dunia pendidikan
Sumber : Tanoto Foundation

Tidak dapat dipungkiri, pendidikan yang berkualitas adalah salah satu kunci kesuksesan di masa yang akan datang. Hal ini menjadi pusat perhatian utama dari bapak Tanoto melalui Tanoto Foundation serta beberapa program RGE lainnya. Pemberian beasiswa bagi ribuan pelajar dari segala tingkatan sebagai salah satu cara untuk memastikan bahwa setiap anak mendapatkan pendidikan yang mereka butuhkan untuk memaksimalkan potensi mereka adalah satu diantara program Tanoto Foundation. Selain itu, Tanoto Foundation juga memfasilitasi pelatihan kepada tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi para siswa. 

  • Peningkatan pelayanan kesehatan

Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Sayangnya, tidak semua orang memiliki akses untuk mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan. Hal ini umumnya terjadi di daerah yang terpencil dan sulit untuk dijangkau.

Sukanto Tanoto melalui anak perusahaan RGE mencoba untuk turut berperan aktif dalam menyelesaikan masalah ini dengan cara meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil. Beberapa contoh  diantaranya adalah perbaikan akses menuju pusat layanan kesehatan, pelaksanaan kampanye kesehatan di berbagai daerah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, hingga pemberian layanan kesehatan dan obat-obatan secara gratis yang dilakukan bersama dengan pihak otoritas setempat.

  • Pembangunan sarana dan prasarana
Pembangunan sarana dan prasarana
Sumber : rgei.com

Pengembangan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dilakukan oleh Sukanto Tanoto juga menyentuh sarana dan prasarana fisik. Berbagai jenis infrastruktur yang telah dibangun dan dikembangkan oleh RGE sendiri berupa jalan, jembatan, tempat ibadah, bangunan sekolah,serta fasilitas olahraga. Selain itu, pihak RGE juga turut membantu dalam proses pengembangan dan pemeliharaan sarana air bersih, listrik dan fasilitas kebersihan. Keberadaan berbagai infrastruktur tersebut akan mempermudah pelaksanaan aktivitas masyarakat setiap harinya, dan dalam jangka panjang akan membantu meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota masyarakat.

  • Pemberdayaan masyarakat

Salah satu program peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dijalankan oleh RGE bersama dengan Tanoto Foundation adalah pemberdayaan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta kemandirian masyarakat dalam berbagai aspek utamanya dalam aspek ekonomi.

Upaya pemberdayaan yang dilakukan ini ditempuh dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan pengenalan sistem pertanian yang terintegrasi. Sistem ini berfokus pada pengembangan pertanian yang berkelanjutan yang bukan hanya mampu meningkatkan taraf hidup petani, namun juga akan menjaga kelestarian lingkungan.Selain itu, pihak RGE juga turut mendukung pengembangan usaha kecil menengah (UMKM) yang berada di dalam dan sekitar area operasional perusahaan.

Sukanto Tanoto menyadari bahwa ia memiliki tanggung jawab dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di daerah operasional perusahaan RGE yang dipimpinnya. Hal ini diwujudkan dalam berbagai kebijakan serta program yang sampai saat ini masih terus berjalan. Beberapa contoh program diatas hanyalah sebagian kecil dari upaya yang terus dilakukan oleh Sukanto, dan tidak menutup kemungkinan berbagai program baru akan dikembangkan di masa yang akan datang dengan tujuan yang sama yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Leave a Reply