LAN dan WLAN, Mana yang Lebih Baik?

Memakai internet

LAN dan WLAN menjadi dua teknis koneksi internet yang saat ini banyak digunakan. Misalnya saja di rumah yang menggunakan TV Kabel dan internet, biasanya akan ada satu perangkat yang akan menggunakn LAN agar bisa terkoneksi ke router ataupun modem, tetapi juga menggunakan WLAN.

Pertanyaannya, manakah yang lebih baik di antara keduanya?

Untuk menjawabnya, ada baiknya jika kita mengenal lebih dekat terlebih dahulu mengenai kedua teknik koneksi tersebut.

  • LAN

LAN atau Local Area Network merupakan teknik koneksi yang memanfaatkan kabel untuk menghubungkan beberapa perangkat. Kabel yang digunakan yaitu kabel ethernet yang dihubungkan dengan konektor khusus. Selain digunakan untuk mengoneksikan perangkat komputer ke router saat ingin berinternet, LAN juga bisa digunakan untuk mengoneksikan satu komputer ke komputer lainnya.

Komputer yang saling dikoneksikan dengan LAN akan bisa saling berbagi data satu sama lain. Namun, untuk keamanannya Anda juga bisa memberikan pengaman dengan pembatasan izin akses terhadap perangkat lain. Jadi, hanya dokumen yang memang diizinkan untuk dibagi yang dapat diakses oleh pihak lain.

  • WLAN

WLAN atau Wireless Local Area Network merupakan teknik koneksi tanpa menggunakan kabel atau yang sering kita sebut dengan Wireless. WLAN juga bisa dikoneksikan dengan perangkat komputer lainnya jika semua komputer terhubung pada titik yang sama. Namun, untuk dapat mengakses koneksi, dibutuhkan perangkat keras tambahan sebagai penangkap sinyal.

Jadi, manakah yang lebih baik?

Koneksi LAN sangat dipengaruhi ole kualitas kabel. Jika kualitas kabel yang digunakan baik, maka akan semakin baik juga proses pengiriman datanya. Namun, semakin banyak perangkat yang terhubung, akan semakin terlihat berantakan karena jumlah kabel yang digunakan akan tambah banyak. Berbeda dengan koneksi menggunakan WLAN yang terlihat lebih bersih karena tidak menggunakan kabel.

Namun, koneksi menggunakan WLAN terkadang kurang stabil dan bisa berbeda pada setiap perangkat. Sebab ada banyak hal yang mempengaruhi kecepatan koneksinya, seperti jarak perangkat dengan router atau modem, kualitas alat penangkap sinyal, dan cuaca.

Dari penjelasan di atas, agak sulit memang menjawab mana yang lebih bagus. Semua tergantung pada kebutuhan.  Jadi, mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? (Vita)

Leave a Reply