Lebih Hemat, Begini Cara Membuat Cairan Pembersih Serbaguna Sendiri!

membuat cairan pembersih serbaguna

Dibanding dengan membeli cairan pembersih serbaguna di toko, lebih baik Anda membuat cairan serbaguna sendiri di rumah. Yep, Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan. Anda bisa menggunakan cairan pembersih serbaguna untuk membersihkan kaca, dinding, Kusen UPVC, dan berbagai sudut rumah yang lain. Kelebihan dari membuat pembersih serbaguna sendiri ada banyak. Di antaranya adalah lebih ramah lingkungan, lebih banyak, dan juga lebih hemat. Kalau sudah tidak sabar mau tahu cara meracik pembersih serbaguna sendiri, langsung saja intip tips berikut ini!

Untuk membersihkan peralatan dapur

Yang Anda perlukan hanyalah soda kue dan air hangat. Ya, sesederhana itu. Soda kue dipercaya dapat membuat wastafel dan peralatan dari bahan stainless lainnya bersih dan mengkilap. Anda hanya tinggal mencampurkan 4 sendok makan soda kue dan 1 liter air hangat. Tuangkan dalam wadah dan gunakan spons bersih untuk mengelap peralatan atau permukaan dapur yang kotor.

Untuk membersihkan bahan kuningan

Anda juga bisa membersihkan bahan-bahan dari kuningan seperti lemari, gagang pintu, dan lain-lain dengan cairan pembersih sendiri. Siapkan cuka putih atau lemon dan garam dapur. Basahi spons dengan cuka atau perasan lemon, lalu taburkan garam. Gosok permukaan kuningan secara perlahan, bilas, dan keringkan dengan kain bersih.

Untuk membersihkan kaca

Selain pembersih serbaguna di atas, Anda juga bisa membuat pembersih kaca sendiri. Untuk memberishkan kaca, Anda membutuhkan 2 gelas air, ½ cangkir cuka, ¼ cangkir alkohol dengan kadar 70%, dan 1-2 tetes essential oil agar aromanya harum. Tuangkan kombinasi bahan-bahan tersebut dalam botol. Lalu siapkan handuk atau kain yang lembut. Semprotkan cairan pembersih ke kain atau handuk, lalu bersihkan kaca. Pastikan Anda juga membersihkan sisa-sisa cairan hingga tuntas sebab sisa-sisa cairan tersebut dapat menimbulkan bercak berawan pada kaca.

Nah, mudah sekali bukan membuat cairan pembersih sendiri? Jika Anda ingin membuat cairan lebih beraroma, Anda bisa tambahkan kulit lemon atau rempah-rempah wangi. Selamat mencoba! (Rima)

Leave a Reply