Membeli Rumah untuk Investasi? Coba Pertimbangkan Ini

Banyaknya kemunculan berbagai rumah baru di Cibubur menjadi ladang baru bagi para investor untuk menanamkan uangnya di sana. Nah, Anda pun yang tertarik untuk berinvestasi properti, bisa membeli unit-unit rumah ini, nih. Hanya saja, sebelum Anda terburu-buru memutuskan, coba pertimbangkan beberapa hal di bawah ini dulu, yuk! Jangan sampai Anda salah memilih bangunan yang berujung pada merugi nantinya. Simak daftarnya:

  1. Hal pertama yang harus Anda cek dan pertimbangkan jika ingin membeli rumah untuk investasi adalah lokasinya. Pastikan jika rumah tersebut dekat dengan fasilitas umum, aksesnya mudah, dan transportasi umum pun tersedia. Sebab jika semua poin ini sudah tercapai, itu artinya lokasi properti Anda berada di tempat yang strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Akan lebih baik lagi jika rumah Anda berada di dekat jalan tol dan juga pusat bisnis. Maka kemungkinan untuk menyewakannya lagi atau menjualnya sangatlah besar.
  2. Kenaikan harga. Selanjutnya, pertimbangkan juga masalah kenaikan harga. Lakukan survei kecil-kecilan untuk melihat bagaimana perkembangan harganya sejak rumah tersebut dibangun dan juga untuk beberapa tahun ke depan. Dengan demikian, Anda juga bisa mempertimbangkan ROI atau Return on Investment. Dari sinilah Anda bisa memproyeksikan bagaimana keuntungan rumah tersebut sebagai instrumen investasi.
  3. Jangan lupa juga untuk mengecek fasilitas apa saja yang tersedia di sekitar kawasan rumah. Jika pangsa pasar Anda untuk penyewaan rumah adalah keluarga kecil yang baru memiliki anak, maka rumah yang yang dekat rumah sakit, sekolah, dan juga taman bermain menjadi checklist wajib. Tapi, jika pangsa pasar yang hendak disasar adalah anak kuliah, maka pastikan juga rumah yang dibeli dekat dengan area sekolah.
  4. Area komersil. Rumah yang dekat dengan area komersil seperti taman bermain, destinasi wisata, hotel, dan sebagainya, akan memiliki nilai jual yang tinggi seiring dengan berjalannya waktu. Oleh sebab itu, jangan lupa pertimbangkan poin ini, ya.

Itu dia beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah untuk alasan investasi. Semoga membantu, ya!

Leave a Reply