Merencanakan Anak Kuliah di Luar Negeri, Berapa Biayanya?

Bisa dibilang, biaya untuk kuliah di dalam negeri sekarang ini saja sudah cukup mahal, apalagi di luar negeri? Pastinya diperlukan biaya lebih jika Anda ingin menguliahkan anak di luar negeri. Untuk itu, persiapan untuk pendidikan anak harus sudah matang sebelum mendaftarkannya ke universitas di luar negeri. Terlebih lagi jika anak tidak didukung dengan beasiswa. Namun demikian, bukan berarti Anda harus mengurungkan niat untuk mendaftarkan anak kuliah di luar negeri hanya karena biaya yang tinggi. Asalkan direncakan dengan baik, biaya untuk kuliah anak pasti akan tercapai.

Nah, pertanyaannya: berapakah biaya yang dibutuhkan agar anak dapat kuliah di luar negeri?

Sebagi contoh, kita ambil sebuah perkiraan biaya kuliah di Singapura yang dibuat oleh website finansialku:

Biaya hidup

Untuk biaya hidup, kira-kira dibutuhkan sekitar 905,54$/bulan (Dollar Singapura). Sedangkan rata-rata memerlukan waktu 4 tahun untuk menyelesaikan kuliah. Berarti, biaya hidup sampai lulus kuliah (4 tahun) adalah 45.123,23.

Biaya pendidikan

Biaya pendidikan di tiap-tiap universitas di Singapura tentu berbeda-beda. Namun, jika diambil rata-ratanya, biaya pendidikan di Singapura adalah 19.500,00.

Dari perkiraan di atas, total dari biaya hidup dan biaya pendidikan selama 4 tahun adalah 64.623,23.

Inflasi

Jangan lupa untuk mempertimbangkan inflasi biaya hidup di Singapura. Biasanya, inflasi biaya hidup di Singapura adalah 2,5% kurs 1 SGD yang kurang lebih adalah Rp10.241. Jadi, 64.623,23 SGD dikali Rp10.241, kurang lebih total biaya dalam rupiah adalah Rp661 juta.

Biaya yang cukup mahal, bukan? Itu saja baru total biaya yang diperkirakan dari biaya hidup dan biaya pendidikan. Belum biaya lain, seperti biaya bolak-balik pesawat ketika pulang saat liburan, biaya darurat dan lain-lain. Tentunya, Anda harus menyiapkan lebih dari Rp661 juta.

Untuk menyiapkan biaya sebesar itu, tentu Anda harus menyiapkan secara matang. Lebih baik, ikuti asuransi pendidikan yang dapat membantu Anda dalam perencanaan biaya pendidikan. Pilihlah asuransi pendidikan yang tepat dan sesuai dengan perencanaan finansial Anda. (Rima)

Leave a Reply