Tips Menyetir Mobil Saat Liburan di Luar Negeri

menyetir mobil di luar negeri

Kebanyakan orang biasanya menggunakan transportasi umum saat melancong ke luar negeri. Namun, ada juga yang menyewa mobil dan menyetir sendiri. Kalau kamu pilih yang mana? Sebenarnya tergantung dengan tujuan wisata. Jika kamu berencana untuk melakukan road trip, maka tentunya kamu perlu menyewa mobil di sana. Karena hanya menyewa, tentu kamu tak perlu bingung beli asuransi mobil. Namun, kamu perlu memiliki asuransi perjalanan agar Anda tetap terlindungi dari kerugian finansial jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Menyetir mobil di luar negeri tentunya berebeda dengan di Indonesia. Oleh sebab itu, perhatikan dulu beberapa tips ini sebelum menyetir saat liburan di luar negeri!

  • Membuat SIM Internasional

Sebelum berangkat ke destinasi liburan, persiapkan dulu SIM Internasional. Cara membuatnya tidak serumit yang kamu pikirkan. Kamu hanya perlu menyiapkan;

– KTP asli dan fotokopinya.

– Paspor asli dan fotokopinya.

– SIM A yang masih berlaku dan fotokopinya,

– Materai.

– Pas foto.

Untuk warga Jakarta, kamu bisa ke Gedung Pelayanan SIM Internasional di Korps Lalu Lintas Polri. Setelah mendapatkan SIM ini, kamu bebas menggunakannya di seluruh negara.

  • Sewa mobil dari jauh hari

Jika kamu punya kenalan di negara tujuan, kamu bisa meminta rekomendasi mana rental mobil yang bagus dan memesannya dari jauh hari. Karena pastinya saat liburan stock mobil rental akan semakin menipis, sehingga akan lebih sulit untuk mendapatkan mobil yang sesuai keinginanmu. Lagipula, jika kamu memesan dari jauh hari, biasanya kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah.

  • Gunakan kartu kredit

Agen rental mobil biasanya jarang meminta kartu debit untuk pembayaran. Oleh sebab itu, siapkan kartu kredit yang masih aktif dan pastikan nama yang tertera di SIM sama persis dengan nama yang ada di kartu kreditmu.

  • Patuhi aturan menyetir

Aturan menyetir di luar negeri tentunya berbeda, terutama di Eropa, Amerika, dan negara lain yang memberlakukan aturan setir kanan. Sebaiknya cari tahu aturan lalu lintas dan bagaimana kebiasaan menyetir di negara setempat agar kamu tidak melakukan kesalahan saat menyetir.

Selamat berlibur! (Rima)

Leave a Reply