Yuk, Hitung Kebutuhan Dana Pendidikan Sejak Dini!

Banyak orangtua yang mulai membuat persiapan dana pendidikan sang buah hati sejak bayi baru saja lahir. Menurut mereka cara ini sangat tepat karena biaya pendidikan saat ini tidaklah murah. Sehingga menyiapkannya sejak awal akan lebih baik. Namun, banyak juga yang sudah mulai menyiapkan dana ini jauh-jauh hari, seperti ketika tidak lama setelah menikah.

Kapanpun waktu yang dipilih untuk mulai menyiapkan dana ini sebenarnya bukan masalah. Asal Anda tahu bagaimana perhitungan yang tepat sebagai dasar besaran dana yang perlu dipersiapkan.

  1. Cari info biaya sekolah tujuan

Untuk mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan, tentu saja Anda terlebih dahulu harus tahu biaya sekolah yang ingin dituju. Sebab setiap sekolah memiliki tarif yang berbeda tergantung pada kelengkapan fasilitas, lokasi, dan juga kualitasnya. Memang saat ini Anda belum bisa memastikan sekolah mana yang kira-kira pas untuk anak Anda. Namun biasanya orangtua sudah memiliki sekolah pilihan yang diidamkan untuk menjadi sekolah anaknya. Anda bisa menjadikan sekolah tersebut sebagai sekolah tujuan.

  1. Perhitungkan biaya tanpa inflasi

Untuk Anda yang mulai mempersiapkan dana pendidikan sejak sang buah hati lahir, mungkin akan lebih mudah menentukan waktu usia masuk sekolah anak. Sementara bagi Anda yang menyiapkannya sejak awal menikah, Anda bisa memperkirakannya sesuai perhitungan rencana kehamilan Anda. Kemudian setelah menentukan sekolah tujuan, Anda bisa melakukan perhitungan standar. Seperti mengalikan jumlah biaya sekolah yang harus dibayarkan setiap bulannya dikali berapa lama waktu sekolah anak.

  1. Perhitungkan biaya setelah inflasi

Jangan lupa, bahwa setiap tahun pasti akan terjadi inflasi. Meskipun nilai inflasi ini terus berubah setiap waktu, tetapi Anda bisa memperkirakan inflasi yang kemungkinan akan terjadi di masa datang. Ada baiknya jika Anda mengambil tingkat inflasi tertinggi, yaitu sekitar 10%. Setelah itu, perkirakan berapa tahun mendatang anak akan memasuki usia sekolah, tingkat inflasi yang terjadi pada tahun tersebut. Gunakan perhitungan pada poin ke dua sebagai dasar perhitungan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan perhitungan ini, yaitu:

  • Meskipun Anda sudah memiliki sekolah tujuan, jika pada kenyataannya sekolah tersebut tidak sesuai dengan anak, Anda tidak boleh memaksakan kehendak.
  • Pilihlah sekolah dengan biaya yang sedang atau agak tinggi sehingga persiapan dana yang ada juga bernilai cukup tinggi. Dengan begitu Anda akan memiliki lebih banyak cadangan dana untuk sekolah anak Anda.

Semoga bermanfaat! (Vita)

Leave a Reply